Pages

  • Home
  • Daftar Artikel

Hal pertama dan penting untuk membuat website dinamis menggunakan CodeCharge Studio

Saya asumsikan di pc atau laptop kawan sudah terinstal codecharge, wamp/xamp server (untuk localhost nya), mysql odbc (saya pake versi 5).
Dalam tulisan ini saya akan mencontohkan membuat website dinamis, artinya kita akan memiliki database. Meskipun codecharge mensupport banyak database, saya selalu menggunakan mysql. Penggunaan ms access hanya jalan di localhost atau di server windows (pakai bahasa asp).
Web contoh ini akan menggunakan php, server apache, database mysql.


Persyaratan di atas adalah hal nol, untuk mulai membuat website. Hal pertama adalah : Kawan harus punya RENCANA dan VISI, tentang web yang kawan buat. Maksud saya, web apa, bentuknya seperti apa... data apa yang ditampilkan.. halamannya apa saja dll. Tulislah dikertas. Misalnya..

  1. Domainnya Apa?
  2. Template nya? cari di google pakai kata kunci web template... banyak tuh.
  3. Data apa yang akan dimuat? ini perlu untuk membuat data base mysqlnya.
  4. Halaman apa saja yang akan ditampilan (ini akan jadi menu).. misal halaman depan (homepage), halaman "kontak, halaman data, halaman "tentang/info perusahaan/pribadi", halaman peraturan dll dll dll
 Jika no 1 dan 2 sudah ada maka kita mulai membuat database mysql.
Dalam contoh ini, kita akan membuat website dinamis yang memuat daftar kisah teman.

Mulai!
1. (di postingan berikut, membuat database mysql daftar kisah teman)...

No comments:

Post a Comment