Pages

  • Home
  • Daftar Artikel

Membuat Layout Homepage

Sampai disini, kita sudah sukses mencoba mempublish halaman index kita ke localhost dan menampilkannya di internet browser.
Kembali ke CodeCharge Studio (CCS). Dalam mode Design, hapus tulisan yang kita buat sebelumnya, sehingga halaman menjadi bersih.

Masuklah ke mode HTML (menu bagian bawah). Kita akan lihat kode html file index tersebut.
Edit lah bagian judul halaman.Yakni antara
 <title>NewPage1</title> menjadi
<title>Daftar Teman</title> atau dengan judul lain terserah. Itu akan menjadi judul halaman yang muncul di atas browser kita. Untuk mengujinya, klik menu icon
LifePage



Lihat bedanya.

Kembali ke layout. Sederhananya layout dibuat dari tabel dengan 3 kolom dan 3 baris.

   Header

kolom kiri untuk menu dll

  isi      
   Footer

Di CCS, Buat tabel dengan 3 kolom, 3 baris, border 0 dan width 100%
icon tabel sperti ini

Untuk menggabung (merge) baris, pilih baris pertama ke tiga kolomnya, klik kanan, pilih tabel, pilih merge. Demikian juga baris ketiga untuk footer.

Kita dapat mengatur ukuran kolom dengan cara meletakkan kursor di kolom tersebut, klik kanan, pilih <TD> Properties. Silahkan tentukan ukuran kolom dalam persen atau pixel. Dapat juga memberi warna, gambar atau garis kolom.

Sampai sini kita sudah punya layout sederhana untuk homepage kita.
Apa yang akan kita isikan di halaman ini? Bebas kawan, imajinasi dan kreatifitas adalah kuncinya.

Untuk web contoh ini, saya akan tempatkan:

  • banner sebagai header,
  • banner juga sebagai footer,
  • di kolom kiri untuk login dan daftar kisah teman
  • di kolom isi untuk image/gambar dan sedikit keterangan saja. 

Sekarang hompage kita sudah punya layout. Berikutnya adalah "Konsep website"


2 comments:

  1. Tks atas pelajaran codecharge nya. :)

    Saya pakai codecharge ver 5, dan di codecharge saya kenapa saya tidak menemukan icon tabel untuk Buat tabel dengan 3 kolom, 3 baris, border 0 dan width 100% ya ?

    mohon bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pernah pake versi 5. tetapi karena banyak project saya pakai v 4 dan rada malas untuk konversinya maka v 5 gak dipakai. Di v 5, bentuk icon menu-menunya seperti ms word, jadi untuk tabel seingat saya ada di insert.

      Delete