Pages

  • Home
  • Daftar Artikel

Membuat Daftar Tulisan yang Dimuat Oleh Member Login Saja

Agak ribet juga ngasih judulnya. Maksud saya adalah membuat tabel yang berisi daftar tulisan yang hanya dibuat oleh member yang sedang login. Kegunaannya adalah agar member yang login dapat melihat, memperbaiki ataupun menghapus tulisan-tulisan yang pernah dibuatnya.
Sebenarnya cara ini juga berlaku di hampir semua web yang menerapkan sistem keanggotaan. Bayangkan jika kita sebagai member facebook tidak dapat melihat post apa saja yang pernah kita buat... cilaka deh.



Kembali ke web Daftar Kisah Teman yang jadi contoh kita untuk mempelajari CodeCharge Studio ini. Progres terakhir adalah kita sudah membuat form untuk memuat kisah teman dalam halaman "addkisah".

Form tersebut jika diisi oleh member tentunya menghasilkan tulisan. Nah kita perlu membuat tabel daftar kisah teman yang nantinya akan kita beri Link ke Form untuk di edit ataupun di hapus.

Halaman yang kita gunakan tetap halaman "addkisah".
Kita akan letakkan tabel ini di samping form. Tabel ini akan memuat  Judul, Tanggal dibuat, nama member.
Untuk membuat tabel ini diperlukan dua tabel, tabel profil (untuk data member yang login), tabel kisah (untuk daftar kisah yang dibuat oleh member login), dan tabel profil juga (tabel profil diberi alias teman; untuk data teman yang dikisahkan).

Gunakan Grid Builder dan atur querynya seperti di gambar. Untuk kondisi WHERE gunakan idteman dengan parameter UserID, Type Session, Default =0. (penjelasan tentang ini ada di artikel Menampilkan Database Dalam Tabel).


Di samping ini adalah gambar proses selanjutnya yakni memilih data apa saja yang akan ditampilkan dalam tabel.

Setelah proses ini adalah menentukan field search. CodeCharge Studio selalu menawarkan untuk membuat form pencarian dalam setiap pembuatan tabel.


membuat form pencarian

Sepertinya kita memerlukan form pencarian, kita tentukan kita menggunakan field judul kisah dan nama teman.

Sistem pencarian default yang digunakan oleh codecharge adalah, jika fieldnya berupa teks maka sistemnya adalah like%..% artinya mengandung kata....
Sedangkan jika field yang dicari adalah angka, maka default pencarian adalah samadengan (=).

Kondisi tersebut dapat kita ganti sesuai dengan keinginan kita dalam visual query builder. Silahkan bereksperimen di kondisi WHERE dalam query yang kita buat.

Proses selanjutnya adalah menentukan layout, menentukan navigasi, menentukan style. Keseluruhan proses ini hanya menggunakan beberapa klik dan beberapa ketik saja.

Seperti biasa setelah menyelesaikan sesuatu menggunakan Tool box Builder, kita masih perlu mengatur properti masing-masing komponen. Misal format tanggal, format DBtanggal, tampilan disain, dll.

Terakhir, harus di tes. Jadinya seperti ini.
tabel grid dan record dengan codecharge


Berikutnya kita akan membuat Link Edit dan merubah angka 1/0 dalam field tampil/tidak tampil menjadi image sehingga tabel data kita menjadi lebih indah.



No comments:

Post a Comment